FGD Pendidikan Merdeka

DISCUSSION REPORT
17 Mei 2022

SMPN 2 TEPUS GUNUNGKIDUL Gelar Forum Diskusi Terarah Mengenai Pola Pikir Bertumbuh dan Asesmen SMP
Farid Gunawan
SMP NEGERI 2 TEPUS GUNUNGKIDUL

DIskusi Kelompok Terarah 
Poses dalam menyelenggarakan kegiatan diskusi ini:
Diskusidilaksanakan di ruang perpustakaan SMPN 2 TEPUS pada tanggal 17 Mei 2022.
Acara dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah, Farid Gunawan.
Apa saja yang didiskusikan pada kegiatan ini beserta kesimpulannya?
Pola Pikir Bertumbuh
Memahami Asesmen
Asesmen merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar, perkembangan, dan pencapaian murid.
Sebelum melakukan asesmen, kita perlu memahami dahulu apa itu asesmen dan fungsinya dalam kurikulum. Kita juga perlu mengeksplorasi metode dan format asesmen yang ada sehingga dapat diterapkan secara optimal dan sesuai kebutuhan murid.
Bagaimana guru serta warga sekolah lain dalam menanggapi pola pikir bertumbuh?
Positif dan menunjukkan pola pikir yang berubah serta siap berubah
ESENSI DISKUSI
Apa perubahan sikap yang Anda alami saat melakukan aksi nyata ini?
Perubahan paradigma baru pembelajaran

Apa pengetahuan dan keterampilan baru yang didapatkan dari proses ini?
Perubahan cara pandang tentang pembelajar jaman sekarang terkait kurikulum merdeka

Apa hal berbeda yang akan Anda terapkan setelah melakukan aksi nyata ini?
Penyelenggaraan projek sekolah yang melibatkan antar mata pelajaran secara teradu

Pola pikir bertumbuh tidak menyamakan peserta didik begitu saja, harus ada diferensiasi sesuai kebutuhan peserta didik
Dokumentasi
Proses Diskusi
KEGIATAN SISWA TERDIFERENSIASI










Komentar